Ustaz Sholeh Setiaji Latih Pembelajaran Kontekstual dan Berdiferensiasi di Zam Zam Cilongok
Sabtu (15/7), Ustaz Sholeh Setiaji, M.Pd. mendapat undangan untuk mengisi workshop bertema Pembelajaran Kontekstual dan Berdiferensiasi untuk para guru SMP dan SMA Boarding School Zam Zam Muhammadiyah Cilongok.
“Setiap peserta didik memiliki kondisi belajar yang berbeda baik dari cara belajarnya, kemampuan belajarnya, maupun minat belajar,” terang Ustaz Sholeh.
“Untuk itu, setiap guru harus mengenal siswanya secara individual agar dapat menerapkan strategi belajar yang cocok bagi proses perkembangan belajar masing-masing siswa,” lanjutnya.
“Disinilah diperlukan pemahaman secara menyeluruh mengenai pembelajaran kontekstual dan berdiferensiasi guna memaksimalkan potensi belajar siswa.”
Dalam kegiatan yang berakhir jelang Dhuhur ini, Ustaz Sholeh Setiaji menjelaskan definisi dari Pembelajaran Kontekstual beserta dengan hakikat, strategi/elemen pembelajaran kontekstual dan berdiferensiasi. Termasuk memberikan gambaran tentang perbedaan antara pembelajaran dengan kontekstual berdiferensiasi dengan metode pembelajaran tradisional.
Tak hanya itu, dijelaskan pula komponen dari perangkat pembelajaran (modul ajar) kontekstual dan berdiferensiasi. Serta beberapa model pembelajaran yang dapat dilakukan saat proses pembelajaran di dalam kelas.
“Kita semua berusaha agar setiap guru mampu mengelola pembelajaran dengan lebih baik, lebih menarik, dan semakin bermakna bagi siswa,” harapnya.